Berita
Trending

Berdayakan Stakeholder, Dinsos Sosialisasikan Verval DTKS

Dinsos Kota Pasuruan mengadakan Sosialisasi DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) pada Rabu (5/4/2023) di Kelurahan Pekuncen Pasuruan yang dihadiri oleh 72 peserta diantaranya 38 Karang Taruna, 30 pendamping PKH, dan 4 orang penyandang disabilitas.

Sosialisasi ini berkaitan dengan adanya kegiatan verifikasi dan validasi DTKS yang dimulai hari senin, 10 April 2023 mendatang dengan tujuan untuk memperbaiki data SIKS NG agar bantuan sosial tersalur tepat sasaran. Kegiatan verval DTKS akan dilaksanakan oleh stakeholder Dinsos meliputi pendamping PKH, Karang Taruna, dan beberapa penyandang disabilitas. Nantinya mereka akan melakukan verval di lapangan untuk memeriksa apakah KPM termasuk dalam kriteria miskin dan layak mendapat bantuan sosial.

“Ada 2.657 penerima Bansos PKH yang nantinya akan di verval oleh pendamping PKH, dan sisanya ada 7.791 penerima Bansos BPNT yang akan di verval oleh Karang Taruna dan dibantu teman-teman disabilitas.” Ujar Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Firmansyah, S.Pd., M.M. saat memberi sambutan pembuka.

Dalam Sosialisasi DTKS ini, tim verval diberi bimbingan teknis seputar kegiatan verifikasi dan validasi di lapangan. Narasumber memberi penjelasan singkat terkait DTKS, mekanisme verifikasi dan validasi dilapangan, penjelasan terkait kriteria KPM yang tergolong miskin, serta menunjukkan contoh hasil verval yang sudah terlaksana. Selain itu, tim verval juga diberi petunjuk teknis cara mengoperasikan aplikasi yang nantinya digunakan pada saat kegiatan verval di lapangan.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Back to top button