Dinsos Konawe Utara Kunjungi Dinsos Kota Pasuruan Yang Raih Pelayanan Publik Kualitas Tertinggi

Dinas Sosial Kota Pasuruan menerima kunjungan kerja dari Dinas Sosial Kabupaten Konawe Utara pada Kamis (19/12/2024). Menugaskan 11 staf yang dipimpin oleh Kepala Bidang Linjamsos Kab. Konawe Utara, Sirhan menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik Dinas Sosial Kabupaten Konawe Utara.

“Konawe Utara itu dilihat dari umur Kabupatennya, tanggal 2 Januari 2025 ini kami baru berulang tahun yang ke-18. Jadi kami dari segi pengelolaan kantor kami perlu ilmu yang lebih banyak terkhusus tentang pelayanan publik.” Kata Sirhan.

Kunjungan ini disambut baik oleh Sekretaris Dinsos Kota Pasuruan, Mohammad Tormudi bersama Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Erna Eka Agustina Hidayat.

Berkaitan dengan pelayanan publik, Erna menjelaskan bahwa pelayanan publik Dinsos Kota Pasuruan berhasil memperoleh predikat kualitas tertinggi dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman RI 2 tahun berturut-turut dengan nilai 98,68 di tahun 2024 dan juga mendapat kategori A pelayanan prima pada hasil pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik dengan indeks pelayanan publik 4,57.

“Penilaian pelayanan publik kami memperoleh kualitas tertinggi semua. Kota Pasuruan Peringkat ke-5 se-Indonesia untuk kualifikasi pemerintah kota. Penilaian ini terdiri dari beberapa lokus, salah satunya Dinas Sosial. Alhamdulillah nilainya sekarang sudah 98,22 untuk Kota Pasuruan, kalau nilai Dinas Sosial sendiri 98,68.” Jelas Erna.

Capaian pelayanan publik tersebut tidak lepas dari pelayanan-pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Sosial secara terintegrasi dari masing-masing bidang seperti pemberian bantuan sosial dan bantuan pemberdayaan kepada masyarakat miskin, penanganan orang terlantar dan ODGJ terlantar, penanganan disabilitas, hingga penanganan korban bencana.

Erna mengatakan bahwa kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Dinsos Kota Pasuruan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga memberikan dampak dan manfaat.

“Kepala Dinas Sosial kami selalu memberikan penekanan-penekanan bahwa pelayanan itu tidak hanya substansinya saja yang dikejar, tetapi berkaitan dengan kualitas layanan benar-benar mengena di masyarakat, dibutuhkan oleh masyarakat, dan berdampak di masyarakat.” Katanya.

Check Also

Pemkot Berikan Alat Bantu Mobilitas Untuk Mendukung Usaha Disabilitas

Dinas Sosial Kota Pasuruan memberikan bantuan sepeda listrik modifikasi kepada M. Bisri, penyandang disabilitas daksa, …

Leave a Reply