Berita
Trending

Kota Pasuruan Masuk 3 Besar Karang Werda Berprestasi Provinsi Jatim, Wawali: Semoga Juara 1 Lagi

Senin (13/5/2024), Dinsos mempersiapkan Karang Werda Untung Suropati pada kegiatan penilaian lapangan lomba karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2024 di Kelurahan Pohjentrek Kota Pasuruan.

Kepala Dinas Sosial, Kokoh Arie Hidayat menjelaskan bahwa persiapan yang dilakukan Dinsos agar Karang Werda Untung Suropati menjadi karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2024 sudah dimulai sejak tahun lalu setelah Karang Werda Untung Suropati dinyatakan sebagai juara 1 karang werda berprestasi tingkat Kota Pasuruan.

“Dinsos telah mempersiapkan Karang Werda Untung Suropati untuk menjadi juara yang berarti prestasi bagi Kota Pasuruan di tingkat Provinsi Jawa Timur. Persiapan ini sejak tahun lalu ketika dilakukan seleksi bagi seluruh karang werda di Kota Pasuruan yang menghasilkan Karang Werda Pohjentrek sebagai juaranya sampai dengan paparan di provinsi hingga masuk 3 besar dan dilakukan penilaian lapangan hari ini.” Katanya.

Kokoh berharap kerja keras selama persiapan hingga penilaian akhir ini membuahkan hasil sehingga Karang Werda Untung Suropati meraih juara 1 dan menjadi kebanggaan Kota Pasuruan.

“Semoga kembali menjadi Juara 1 dan menjadi kebanggaan Kelurahan Pohjentrek, Kecamatan Purworejo dan tentunya Kota Pasuruan.” Ucapnya.

Pada kesempatan ini, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) didampingi Wakil Ketua I TP PKK, Ani Adi Wibowo berserta jajaran turut menyambut kedatangan dewan juri lomba karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur.

Dengan perasaan bahagia, Adi mengucapkan selamat datang kepada jajaran dewan juri yang dipimpin oleh Edi Purwinarto, Komda Lansia Provinsi Jawa Timur. Adi menjelaskan bahwa kedatangan dewan juri sudah dinantikan oleh seluruh lansia Karang Werda Untung Suropati yang dengan antusiasnya menampilkan berbagai kesenian.

“Dewan juri tadi langsung disambut oleh para lansia ada singo barong, ada buk gebluk yang dimainkan oleh ibu-ibu dengan semangat, ada juga para pendekar dari Kuntu Mancilan yang semuanya adalah para lansia berprestasi.” Kata Mas Adi.

Adi mengatakan adanya organisasi karang werda sebagai wadah bagi para lansia untuk tetap beraktifitas di usia senja memberi dampak positif sehingga bisa mewujudkan kesejahteraan lansia dan membuktikan bahwa usia boleh tua tetapi semangatnya tetap semangat muda.

“Tadi kita lihat diprofilnya, banyak sekali aktifitas para lansia. Kalau kita lihat justru kita yang muda-muda kadang kalah aktif sama para lansia. Boleh usianya bertambah tua, tapi semangatnya tetap semangat muda.” Ujarnya.

Maka Adi sangat berbangga kepada lansia Karang Werda Kota Pasuruan yang berhasil menjadi juara 1 karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur pada tahun 2023 dan harapannya di tahun 2024 Karang Werda Kota Pasuruan yang diwakili oleh Karang Werda Untung Suropati juga berhasil meraih juara.

“Alhamdulillah Kota Pasuruan di tahun 2023 kita juara. Harapannya di tahun 2024 kita juga masuk juara bertahan untuk Karang Werda Untung Suropati.” Ucapnya.

Sementara itu, ketua tim juri, Edi Purwinarto dalam sambutannya sangat mengapresiasi Kota Pasuruan yang sudah membentuk karang werda di seluruh kelurahan sesuai dengan target capaian Provinsi Jawa Timur mengenai pembentukan minimal 1 karang werda pada tiap desa/ kelurahan.

“Saya tanya ke Pak Kadinsos, alhamdulillah katanya di Kota Pasuruan ini seluruh kelurahan sudah di bentuk karang werda. Karena provinsi ini ada satu target bahwa 1 desa/ kelurahan itu dibentuk minimal 1 karang werda.” Kata Edi.

Selain itu, Edi mewakili Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Restu Novi Widiani mengucapkan terima kasih atas pencapaian Karang Werda Untung Suropati yang telah berhasil masuk nominasi 3 besar karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2024.

“Atas nama Kepala Dinas Sosial Provinsi, tentunya berterima kasih atas prestasi Karang Werda Untung Suropati yang sudah masuk 3 besar.” Ucapnya.

Edi sedikit bercerita pada saat penentuan 3 besar karang werda berprestasi tingkat Jawa Timur, penilaiannya harus diulang hingga 3 kali karena Kota Pasuruan yang sebelumnya menjadi juara karang werda berprestasi pada tahun 2023, tahun ini kembali dinominasikan sebagai 3 besar.

“Penilaian pertama, Kota Pasuruan muncul sebagai nominasi 3 besar, yang kedua muncul lagi, syaratnya 3 kali ternyata yang ketiga pun Kota Pasuruan muncul lagi. Akhirnya kata saya, lanjut!” Jelasnya.

Penilaian lapangan lomba karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2024 ini dimulai dari penilaian administrasi di Kantor Sekretariat Karang Werda Untung Suropati, kemudian melihat secara langsung program unggulan yang dimiliki oleh Karang Werda Untung Suropati seperti Taman Literasi Lansia yang dilengkapi dengan terapi ikan, galeri seni lukis, posyandu lansia, hingga memperkenalkan produk unggulan UMKM Karang Werda Untung Suropati.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button