Berita
Trending

Upayakan Data Dinsos Semakin Baik, Dinsos Adakan Bimtek Operator SIKS-NG Tingkat Kelurahan

Dinsos mengadakan bimbingan teknis operator SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation) tingkat kelurahan se-Kota Pasuruan yang dihadiri oleh 34 operator dari masing-masing kelurahan selama 2 hari pada 22 & 23 Agustus 2023 di ruang rapat Dinsos.

Kepala Dinas Sosial, Kokoh Arie Hidayat dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini penerima bantuan sosial sudah semakin tepat sasaran dengan adanya verifikasi dan validasi terhadap KPM.

“Sekarang itu urusan bantuan sosial itu integritasnya sudah semakin baik. Kita sudah melakukan verifikasi dan validasi terhadap banyak penerima bantuan KPM. Sudah sekitar 17.000 sudah kita verifikasi dan validasi, sudah menghasilkan penerima bantuan sosial yang sudah layak.” Ujar Kokoh.

Kokoh mengatakan bahwa nantinya operator SIKS-NG di masing-masing kelurahan pada saat memasukkan data harus benar-benar memperhatikan bahwa orang tersebut memang layak untuk dimasukkan ke DTKS. Tidak boleh memasukkan data secara sembarangan. Sehingga nantinya data Dinsos dijadikan acuan pada saat akan ada penyaluran bantuan sosial.

“Jadi nantinya data Dinsos itu adalah data yang kalau mau memberikan bantuan itu semua berbasis datanya Dinsos. Yang di kelurahan-kelurahan inilah yang harus baik. Sebagai operator, nanti ketika memasukkan (data), sekali lagi jangan sampai kalian memasukkan orang yang tidak layak.” Kata Kokoh.

Kokoh juga menghimbau kepada operator SIKS-NG, agar cepat tanggap apabila ada laporan masyarakat mengenai pengajuan DTKS. Operator SIKS-NG harus melakukan koordinasi dengan PSM agar diteliti kebenarannya sebelum di masukkan ke sistem. Selanjutnya Dinsos akan melakukan verifikasi dan validasi untuk menentukan apakah orang tersebut layak atau tidak.

“Jadi kalau kalian tau ada laporan, segera ditindak lanjuti. Sampaikan ke PSMnya. Apa benar ada, supaya bisa diteliti oleh PSM. Datanya mana, dimasukkan ke sistem supaya semuanya terdeteksi dengan baik. Data kita itu baik nantinya. Kalau sudah datanya baik, bansosnya pasti akan diterima oleh yang layak.” Imbuh Kokoh.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Back to top button