Berita
Trending

Harapkan Lansia Makin Cakap Digital, Dinsos Gelar Seminar Lansia Melek Digital

Rabu (12/6/2024) lalu, 2 hari menjelang  puncak acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Kota Pasuruan tahun 2024, Dinsos mengadakan seminar lansia melek digital yang ikuti oleh 200 lansia se-Kota Pasuruan. Kegiatan seminar bagi lansia yang juga mendapat support dari Bank Jatim Kota Pasuruan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua I TP PKK Kota Pasuruan, Ani Adi Wibowo.

“Jadi hari ini adalah rangkaian ke-4 sebelum nanti Hari Jumat kita ada puncak peringatan di Gedung Kesenian. Sengaja tahun ini Dinas Sosial ingin merayakan Hari Lanjut Usia Nasional itu dengan lebih meriah.” Ujar Kokoh Arie Hidayat, Kepala Dinas Sosial pada sambutan pembukanya.

Kokoh menjelaskan bahwa rangkaian peringatan HLUN Kota Pasuruan tahun 2024 ini sudah dimulai sejak tanggal 29 Mei 2024 dengan mengadakan kegiatan periksa mata yang disupport oleh RSUD dr. R. Soedarsono hingga puncak acara HLUN pada tanggal 14 Juni 2024.

“Mulai dari awal yaitu kita ada kegiatan periksa mata dengan meminta bantuan RSUD dr. R. Soedarsono. Kemudian juga ada kegiatan untuk kita berbagi sembako, jadi kita punya stok 38 sembako untuk dibagikan ke lansia terlantar. Kemudian ada juga bagi makanan pada 600 masyarakat yang membutuhkan, disamping ada lomba video kreatif.” Jelasnya.

Pada kesempatan ini Kokoh juga menyampaikan bahwa pada peringatan HLUN tahun ini, Kota Pasuruan kembali meraih juara 1 karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur. Kokoh mengaku sangat mengapresiasi semangat dan antusiasme bapak ibu lansia untuk terus meraih prestasi.

Tidak hanya itu, pada peringatan HLUN 2024 ini antusiasme bapak ibu lansia pada saat mengikuti serangkaian kegiatan HLUN juga begitu besar, salah satunya upaya bapak ibu lansia yang ikut serta dalam lomba video kreatif.

“Saya kaget, karena beberapa video yang masuk ke kita itu karyanya bapak ibu lansia. Luar biasa bapak ibu lansia.” Kata Kokoh.

Selain itu Kokoh juga menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mensupport rangkaian acara peringatan HLUN 2024 terutama kepada Bank Jatim yang menghadirkan salah satu pematerinya pada seminar lansia melek digital hingga memberikan souvenir berupa goodie bag dan mug bagi peserta seminar.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bank Jatim yang sudah membantu kita pada pagi hari ini, mulai dari pemateri seminar hingga souvenir untuk bapak ibu lansia.” Ucapnya.

Selanjutnya Ani Adi Wibowo, Wakil Ketua I TP PKK Kota Pasuruan juga mengapresiasi semangat bapak ibu lansia yang tetap beraktifitas, berkreasi, dan antusias mencari ilmu, hingga menjadikan Bapak Wali Kota Pasuruan, Gus Ipul, mendapat gelar kepala daerah peduli lansia.

“Salah satu indikasi Pak Wali Kota mendapatkan kepala daerah peduli lansia adalah karena semangat ibu bapak yang ada disini. Semangat berkreasi, beraktifitas, dan semangat mencari ilmu seperti hari ini mengikuti seminar melek digital agar bapak ibu tidak ketinggalan teknologi informasi, seperti cara menggunakan WhatApps.” Ungkap Ani Adi Wibowo.

Sementara itu, Ibu Saodah salah satu lansia pengurus Karang Werda Suropati Kota Pasuruan sangat senang bisa mengikuti seminar lansia melek digital dan mendapat banyak ilmu baru.

“Dengan adanya seminar lansia melek digital ini kami jadi mendapat ilmu baru sehingga kami ini melek akan digital.” Ucap Saodah.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button