Berita
Trending

Kolaborasi Bersama Dinsos, PSC Berikan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Disabilitas

PSC (People Systems Consultancy) Indonesia berkolaborasi dengan Dinsos Kota Pasuruan mengadakan pelatihan R.I.S.E. (Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship) yang merupakan pelatihan kewirausahaan untuk penyandang disabilitas dan orang tua anak berkebutuhan khusus, yang diadakan selama 2 hari pada tanggal 29-30 Agustus 2023 di Rumah Makan Kurnia.

Sebelumnya pada 7 Agustus 2023, PSC Indonesia telah melakukan koordinasi dengan Dinsos dan Rumah Hebat Disabilitas terkait penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan ini.

“Jadi pelatihan kewirausahaan yang dilakukan tadi sampai besok itu diperuntukkan untuk mereka yang disabilitas. Baik disabilitas netra, disabilitas daksa, dan disabilitas yang lainnya. Dengan harapan bahwa ini semua nanti selama 2 hari ini mereka akan dibekali dengan ilmu pengetahuan dan bisa dipraktekkan, sehingga bisa meningkatkan taraf hidup teman-teman disabilitas.” Ujar Agus Widjanarko, Kabid Rehabilitasi Sosial.

Fasih, narasumber pelatihan R.I.S.E. mengatakan terdapat 131 disabilitas dan orang tua anak berkebutuhan khusus yang ikut dalam pelatihan R.I.S.E. di hari pertama. Pada pelatihan ini teman-teman disabilitas dan orang tua anak berkebutuhan khusus akan belajar tentang strategi marketing dalam mengembangkan usaha.

“Alhamdulillah hari ini kami berkesempatan untuk bisa mampir, untuk memberikan pelatihan kepada teman-teman disabilitas yang ada di daerah Pasuruan. Di hari pertama ada 131 yang bergabung dipelatihan ini, mereka akan belajar mengenai strategi marketing untuk bisa mengembangkan usahanya.” Kata Fasih.

Fasih juga mengatakan bahwa antusiasme teman-teman disabilitas sangat luar biasa terhadap pelatihan ini. Ia berharap melalui pelatihan ini, teman-teman disabilitas dapat mengembangkan usaha dan memulai kesuksesan mereka sehingga dapat mandiri secara finansial.

“Kami melihat antusiasmenya sangat luar biasa dari teman-teman Pasuruan ini. Jadi kami juga berharap semoga teman-teman yang ada disini bisa menjadi teman-teman disabilitas yang mandiri seperti tujuan dari diselenggarakannya pelatihan RISE ini. Mereka mandiri secara finansial dan juga memiliki usaha yang berkelanjutan. Dan semoga ini merupakan salah satu titik dimana mereka bisa memulai kesuksesan mereka.” Imbuhnya.

Maria, disabilitas netra yang menjadi salah satu peserta pelatihan R.I.S.E. mengungkapkan rasa bahagianya bisa mengikuti pelatihan kewirausahaan ini karena mendapatkan wawasan baru mengenai cara mengembangkan usaha.

“Hari ini saya merasa senang sekali mengikuti pelatihan kewirausahaan. Karena trik-triknya sangat bagus sekali, seru sekali, mudah dipahami. Terus bisa menambah wawasan, bisa banyak teman, juga bisa tahu bagaimana caranya usaha dengan mudah.” Ungkap Maria.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Back to top button