Berita

Pemkot Pasuruan Angkat Potensi Luar Biasa Penyandang Disabilitas Dalam Perayaan HDI


Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial menyelenggarakan perayaan Hari Disabilitas Internasional (HDI) pada tanggal 10 & 11 Desember 2022 dengan melibatkan para penyandang disabilitas dan masyarakat umum yang bertempat di taman kota Pasuruan dan pelataran gedung harmoni Kota Pasuruan. Dalam perayaan ini turut hadir Wakil Wali Kota Pasuruan mas Adi Wibowo, S.TP, M.Si, Ketua TP PKK Kota Pasuruan Ibu Dra Hj. Fatma Saifullah Yusuf, Sekertaris Daerah, Asisten 3, dan kepala OPD serta Camat dan Lurah.

Tema besar dari perayaan HDI tahun ini adalah Berbaur, Berbagi, dan Membangun Bersama. Merupakan komitmen utama pemkot pasuruan dalam merangkul seluruh masyarakat dan penyandang disabilitas di Kota Pasuruan serta salah satu cerminan dari visi Kota Madinah, kata wakil walikota Pasuruan dalam sambutannya. Perayaan yang berlangsung selama 2 hari ini dimulai dengan perlombaan dan pentas seni disabilitas di Taman Kota Pasuruan. Menghadirkan lomba mewarnai, lomba pentas seni, Fashion show, dan stan makanan minuman yang seluruhnya diproduksi oleh para disabilitas. Kemudian puncak acara diselenggarakan di pelataran gedung Harmoni dengan agenda utama jalan sehat masyarakat bersama disabilitas, serta penyerahan bantuan alat bantu bagi disabilitas dan undian hadiah.

Dalam perayaan HDI ini, semua peserta yang terlibat dalam acara merupakan para penyandang disabilitas baik itu dari komunitas, perkumpulan, organisasi, TK, SD, SMP LB, SMA LB yang ada di Kota Pasuruan. Semua berbaur menjadi satu dalam slogan Disabilitas Menembus Batas. Peserta yang ikut lomba mewarnai sebanyak 190 orang, dan untuk lomba disabilitas kreatif ada 27 peserta. Selain pentas seni dan lomba, Pemkot juga memberikan bantuan secara dimbolis bagi para disabilitas, diantaranya bantuan dari Kementerian Sosial berupa 23 Tongkat Adaptif elektrik bagi tunanetra, 19 kursi roda dengan rincian 16 berasal dari bantuan Kemensos, 3 dari APBD, dan tambahan 5 kursi roda dari Donatur. Kemudian bantuan alat bantu dengar bagi tunarungu sebanyak total 23 buah yang saat ini sudah disalurkan sebanyak 8 buah. Dan ada juga satu unit sepedah motor roda 3 untuk tunadaksa yang bisa dipergunakan bersama untuk berbisnis. Selain bantuan fisik, Dinsos juga berkoordinasi dengan DPM PTSP untuk bisa membantu para disabilitas yang memiliki bisnis agar lekas mendapat NIB serta stan promosi di MPP. Begitu juga bisa masuk E-Peken milik Pemkot pasuruan untuk bisa berjualan secara online dan dapat di beli dan di promosikan oleh perangkat daerah.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial Kokoh Arie Hidayat, SE, S.Sos, MM menyampaikan rasa terimakasih telah diberikan nikmat dan kesempatan untuk ikut berperan membantu dan merawat saudara-saudara disabilitas melalui Dinas Sosial, dan selaras dengan Wakil Walikota untuk menjadikan komitmen bersama dalam membangun visi Kota Pasuruan Kota Madinah.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Back to top button