Berita
Trending

Gus Ipul Dinobatkan Sebagai Kepala Daerah Peduli Lansia (Karang Werda Sumber Asih Kota Pasuruan Raih Penghargaan Tertinggi)

Walikota Pasuruan, Gus Ipul memperoleh penghargaan sebagai kepala daerah peduli lanjut usia dari Gubernur Jawa Timur atas keberhasilannya dalam memberdayakan lansia Kota Pasuruan pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) Provinsi Jawa Timur tahun 2023 yang diselenggarakan di Gedung Gradika Kota Pasuruan, (29/5/2023). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak mewakili Gubernur Jawa Timur yang berhalangan hadir.

“Dipilihnya Kota Pasuruan ini melalui kriteria yang sangat terang benderang, yaitu kota yang memang memenuhi kriteria atau persyaratan terkait kepedulian lansia terutama Bapak Walikotanya dan juga memiliki karang werda yang paling berprestasi se-Jawa Timur.” Ujar Emil.

Ditambahkan oleh Emil bahwa Jawa Timur ini sebagaimana juga Kota Pasuruan, alhamdulillah harapan hidupnya meningkat. Artinya harapan hidup meningkat maka panjang atau lama hidup usianya akan semakin bertambah. Tapi yang kita inginkan bukan hanya pertambahan usia tapi juga kualitas hidup dan kebahagiaan hidup.

Sementara Gus Ipul dalam sambutan selamat datang menyampaikan selamat kepada ibu Gubernur dan bapak Wakil Gubernur karena telah sukses membawa Jawa Timur menjadi semakin maju.
“Kota Pasuruan mencoba untuk mengikuti arahan Provinsi Jawa Timur dengan melakukan berbagai program lansia dan melakukan inovasi” ujar Gus Ipul.

Pada peringatan HALUN Provinsi Jawa Timur tahun 2023 ini, Karang Werda Sumber Asih Kelurahan Pekuncen Kota Pasuruan juga menerima penghargaan tertinggi sebagai peraih juara 1 karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur.

Karang Werda adalah wadah pembinaan dan pemberdayaaan Lansia. Karang Werda Sumber Asih merupakan karang werda hasil binaan Dinsos Kota Pasuruan yang kemudian mewakili Kota Pasuruan di ajang karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur.

Mulanya Karang Werda Sumber Asih masuk dalam nominasi 3 besar karang werda berprestasi hingga akhirnya meraih penghargaan tertinggi karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur.

Saat ini 34 kelurahan di Kota Pasuruan memiliki Karangwerda yang seluruhnya aktif dan selalu memiliki kegiatan yang bermanfaat bagi Lansia, diantaranya senam Bersama, pemeriksaan kesehatan, pelatihan keterampilan dan bahkan kegiatan-kegiatan kesenian dan kegiatan lainnya.

Aktifnya seluruh karang werda di Kota Pasuruan tidak terlepas dari peran Wali Kota Pasuruan Gus Ipul dan Ketua TP PKK Kota Pasuruan Fatma Saifullah Yusuf yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap Lansia.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Back to top button