Berita
Trending

Bantu Penuhi Kebutuhan Masyarakat Miskin Jelang Lebaran, Dinsos Salurkan Bansos APBD

Jelang Lebaran, Dinsos Kota Pasuruan menyalurkan bantuan sosial APBD tahap II periode Bulan Maret-April 2024 selama 4 hari berturut-turut dari Hari Selasa (2/4/2023) sampai Hari Jumat (5/4/2023).

Kokoh Arie Hidayat, Kepala Dinas Sosial mengatakan bahwa penyaluran bansos APBD jelang lebaran ini bertujuan untuk membantu masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhan ditengah naiknya harga kebutuhan pokok menjelang lebaran.

“Dalam minggu ini, selama 4 hari kita ada distribusi bantuan sosial yang berasal dari APBD Kota Pasuruan. Tujuannya memang diberikan pada saat menjelang lebaran itu untuk membantu masyarakat miskin agar dapat memenuhi kebutuhan menjelang lebaran, dengan harga-harga yang pasti ketika menjelang lebaran dan puasa itu harga-harga pasti naik, inflasi pasti lebih tinggi dari biasanya.” Kata Kokoh.

Kokoh menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial berupaya untuk menyalurkan bantuan sesegera mungkin pada saat dibutuhkan, seperti sebelumnya penyaluran bansos APBD tahap I periode Bulan Januari-Februari diberikan menjelang puasa dan sekarang tahap II periode Bulan Maret-April diberikan menjelang lebaran. Bansos APBD diberikan setiap 2 bulan sehingga tiap KPM menerima Rp. 400.000,-.

“Pada tahap 1 yang lalu kita salurkan di Bulan Februari menjelang puasa. Hari ini, selama 4 hari dari Hari Selasa sampai Hari Jumat itu dibagikan untuk tahap 2 Bulan Maret dan April. Sehingga masing-masing menerima Rp. 400.000,-.” Ujarnya.

Seperti sebelumnya, jumlah KPM bansos APBD tahap II ini kembali mengalami penurunan setelah dilakukan verifikasi dan validasi kelayakan penerima bansos. Jadi saat ini tersisa 1.352 KPM setelah sebelumnya di tahap 1 sebanyak 1.957 KPM.

“Keseluruhan jumlahnya 1.352 KPM. Di Kecamatan Bugul Kidul 133 KPM, Kecamatan Gadingrejo 316 KPM, kemudian Kecamatan Purworejo 375 KPM, dan juga Kecamatan Panggungrejo sebanyak 528 KPM.” Paparnya.

Selain itu, Kokoh juga menjelaskan bahwa penyaluran bantuan sosial tahap II ini diberikan secara terpusat di Bank Jatim Kota Pasuruan selama 4 hari, sehingga pembagiannya dilakukan 1 hari 1 kecamatan dari jam 14.00 WIB sampai selesai.

Biasanya pembagian bansos APBD ini dilakukan di kecamatan-kecamatan. Tapi karena ini menjelang lebaran, Bank Jatim juga ada kesibukan sehingga dipusatkan penyalurannya di Bank Jatim. Jadi 1 hari 1 kecamatan pembagiannya.

Hasil penyaluran bansos APBD selama 4 hari, yang berhasil tersalur sebanyak 1.063 KPM dari jumlah keseluruhan yaitu 1.352 KPM. Bagi 289 KPM yang memiliki kendala pada pengambilan bansos APBD kemarin, bisa mengambil pada tanggal 17-18 April 2024 mendatang di Bank Jatim Kota Pasuruan.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button