Berita
Trending

Hadiri Bimtek IPSM, Kadinsos Berharap PSM Kembali Dipercaya Oleh Masyarakat

Minggu (25/6/2023), Dinsos mengadakan bimbingan teknis PSM (Pekerja Sosial Masyarakat) lanjutan pertama tahun 2023 yang dihadiri oleh 85 PSM Kota Pasuruan di Aula UPT PPSPA Batu.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas, pengetahuan sikap dan pemahaman, serta memberi motivasi kinerja kepada PSM sehingga dapat memberi layanan kesejahteraan sosial kepada PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) yang ada di Kota Pasuruan.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Sosial, Kokoh Arie Hidayat dalam sambutannya mengajak PSM untuk membalik persepsi masyarakat supaya PSM bisa dipercaya lagi oleh masyarakat.

“Bapak ibu sejak awal saya sampaikan bahwa kita harus bisa meraih kepercayaan masyarakat. Jadi selama ini kepercayaan kepada bapak ibu dibeberapa sektor menurun. Kita harus bisa membalik persepsi masyarakat, bahwa PSM itu bisa dipercaya. Caranya kalian harus bisa menempatkan diri sebagai PSM, jangan menempatkan diri sebagai calonya bansos, jangan menempatkan diri sebagai belantiknya bansos.” Ujar Kokoh.

Saat ini Dinsos berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan PSM dengan memberikan honor setiap bulan. Maka dengan adanya pemberian honor ini, Kokoh berharap kedepannya PSM bisa meningkatkan kinerja dan menjadi perantara Dinsos dengan masyarakat. Karena PSM merupakan stakeholder Dinsos yang paling dekat dengan masyarakat dan memahami kondisi di lapangan.

Kokoh juga meminta dukungan PSM terkait perbaikan data bantuan sosial yang saat ini sedang dilakukan oleh Dinsos, agar kedepannya bantuan sosial tersalur tepat sasaran sehingga Kota Pasuruan semakin maju.

Kegiatan bimtek IPSM dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh narasumber dari UPT Peningkatan Tenaga Kesejahteraan Sosial Provinsi Jawa Timur, Umi Masruro mengenai pengetahuan tentang PPKS, pemahaman dan keterampilan teknis dalam menangani masalah kesejahteraan sosial, bagaimana membangun jejaring dan menjalin kemitraan dengan pihak lain untuk penanganan masalah, juga motivasi untuk lebih peduli dan peka terhadap masalah sosial di lingkungannya.

Keesokan harinya, pada Senin (26/6/2023) dilanjut dengan kegiatan outbound yang dilakukan di Tirta Nirwana Songgoriti. Pada kegiatan ini seluruh PSM diajak bermain game yang dapat meningkatkan solidaritas, kerjasama, dan kekompakan IPSM Kota Pasuruan.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Back to top button