Berita
Trending

Sukses Jadi Karang Werda Berprestasi Tingkat Provinsi Jatim, Karang Werda Sumber Asih Sambut Kunjungan Studi Tiru Karang Werda Mutiara

Rabu (6/9/2023), Dinsos menyambut kedatangan Karang Werda Mutiara Kota Mojokerto yang melakukan studi tiru ke Kota Pasuruan di Pendopo Kelurahan Pekuncen.

Sebelumnya Karang Werda Sumber Asih telah mewakili Kota Pasuruan di ajang karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur dan meraih juara 1.

“Karang Werda Sumber Asih ini seperti yang kita tau, baru saja menjuarai karang werda tingkat Provinsi Jawa Timur. Sebenarnya suatu upaya yang sangat luar biasa karena kalau ditempat kami di Kota Pasuruan mungkin sama juga di Kota Mojokerto, bahwa prosesnya itu dari bawah banget. Setiap tahun kita melakukan kompetisi, kompetisi semua karang werda kita lombakan. Kemudian kita pilih yang terbaik.” Kata Agus Widjanarko, Kabid Rehabilitasi Sosial.

Agus juga menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Karang Werda Sumber Asih hingga saat ini bukan hanya untuk meraih juara, tetapi yang terpenting agar lansia bisa terus berkarya dan berdaya.

“Kita berharap juga bahwa apa yang kita lakukan ini bukan semata-mata untuk juara, tapi bagaimana kita bisa membentuk manusia yang sudah sepuh-sepuh ini tetap bisa berkarya lebih baik lagi.” Imbuhnya.

Pada kegiatan studi tiru ini, Karang Werda Sumber Asih memaparkan profil karang werda dan berbagi sedikit pengalaman ketika mengikuti lomba karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Kemarin kami dari Karang Werda Sumber Asih memilih 2 lomba yaitu administrasi dan kreatifitas dari karang werda. Ada apa dengan karang werda, kegiatan apa saja oleh Karang Werda Sumber Asih. Sehingga itu yang perlu kita sampaikan saat di provinsi dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan.” Ujar Wiryono, Anggota Karang Werda Sumber Asih.

Setelah pemaparan materi, kegiatan studi tiru dilanjutkan dengan tinjauan lapangan ke RW 02 dan RW 03 Kelurahan Pekuncen untuk melihat secara langsung upaya Karang Werda Sumber Asih dalam mewujudkan lingkungan yang bersih.

Perwakilan Karang Werda Mutiara Kota Mojokerto mengatakan bahwa tujuannya melakukan studi tiru ke Karang Werda Sumber Asih karena ingin menyaksikan secara langsung keunggulan dari Karang Werda Sumber Asih yang telah meraih juara karang werda berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur dengan mengusung tema “Lingkungan Bersih”. Ia berharap melalui kunjungan ini, Karang Werda Mutiara dapat termotivasi untuk bangkit dengan menerapkan beberapa ilmu yang diperoleh dari studi tiru ini.

“Kami dengar memang dari Dinas Sosial setempat, bahwa yang masuk sebagai nominasi saat itu adalah Karang Werda Sumber Asih. Karena kami Karang Werda Mutiara itu baru bangkit dari tidur yang lama, makanya ingin tahu apa sih keunggulannya. Kebetulan Sumber Asih itu ambil tema lingkungan bersih. Kemungkinan itu nanti bisa kami adopsi untuk nanti kami bawa ke Karang Werda Mutiara.” Ucapnya.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Back to top button