Berita
Trending

Mas Adi Apresiasi Upaya Dinsos Berdayakan Disabilitas Melalui Rumah Hebat Disabilitas dan Usaha Bersama Rehat

Rabu (27/9/2023), Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo berkesempatan secara langsung meresmikan Rumah Hebat Disabilitas dan Usaha Bersama Disabilitas serta percepatan penyerahan bantuan santunan kematian di halaman Kantor Dinas Sosial.

Kokoh Arie Hidayat, Kepala Dinas Sosial menyampaikan rasa syukur atas diresmikannya Rumah Hebat Disabilitas yang sudah digagas sejak awal tahun 2023.

“Sore hari ini akhirnya kita bisa melakukan peresmian Rumah Hebat Disabilitas, yang sebetulnya memang kegiatan ini sudah sejak berbulan-bulan yang lalu dan hari ini juga diresmikan pula usaha bersama disabilitas, kemudian juga ada percepatan penyerahan bantuan santunan kematian.” Ujar Kokoh.

Kokoh mengatakan Rumah Hebat Disabilitas diciptakan sebagai wadah untuk menaungi teman-teman disabilitas agar bisa lebih berdaya, menghasilkan karya, serta membuka usaha, sehingga kedepannya teman-teman disabilitas dapat hidup mandiri dan sejahtera.

“Rumah Hebat Disabilitas ini memang kami create untuk pemberdayaan dan juga peningkatan kewirausahaan teman-teman disabilitas. Kita ingin punya satu rumah dimana mereka bisa berkumpul, bisa berkreasi, bisa berkarya, usaha bersama agar mereka betul-betul hidup mandiri.” Kata Kokoh.

Wakil Wali Kota Pasuruan, Mas adi sangat mengapresiasi didirikannya Rumah Hebat Disabilitas sebagai upaya Dinsos dalam memberdayakan teman-teman disabilitas. Selain itu Mas Adi juga mengungkapkan rasa syukurnya melihat perubahan Dinsos yang semakin hari menjadi semakin baik berkat kerja sama dan partisipasi semua pihak termasuk teman-teman disabilitas.

“Disisi fisik, tentu kita mengapresiasi bahwa Dinsos Alhamdulillah sekarang sudah cukup luas, bisa kita lihat tambah segar, dan ini juga atas partisipasi dan peran-peran sahabat-sahabat disabilitas kita yang menjadi bagian terintegrasi dari upaya-upaya Dinsos.” Ungkap Adi.

Mas Adi menyampaikan bahwa Kota Pasuruan sudah banyak berbenah. Selain pembangunan sarana prasarana yang semakin baik, diharap Rumah Hebat Disabilitas dapat menjadi awal keberhasilan pembangunan sosial di Kota Pasuruan demi terciptanya Pasuruan Kota Madinah, Maju Ekonominya, Indah Kotanya, Dan Harmoni Warganya.

“Kota Pasuruan sudah banyak berbenah. Hari ini pada sisi inklusi kita, kita sudah punya lompatan yang luar biasa. Penting bagi kita selain pembangunan sarana dan prasarana, tidak kalah penting adalah pembangunan sosial.” Ujarnya.

Pada peresmian Rumah Hebat Disabilitas dan Usaha Bersama Disabilitas ini, tidak lupa Kokoh juga mempromosikan Rehat Cafe yang merupakan salah satu bentuk usaha bersama disabilitas. Kokoh mengajak seluruh tamu undangan untuk berkunjung ke Rehat Cafe yang buka setiap malam di halaman Kantor Dinsos.

“Ada juga cafe, mereka tiap malam ada jualan disini ada kopi, ada kebab, ada es campur. Jadi monggo bapak ibu yang ingin ngopi, ngopi disini bisa.” Ujar Kokoh.

Selain itu Kokoh menyiarkan kabar baik mengenai penyerahan bantuan santunan kematian yang saat ini sudah dipercepat. Yang tadinya penyerahan santunan kematian membutuhkan waktu berbulan-bulan karena melalui banyak tahapan, sekarang penyerahan santunan kematian hanya membutuhkan waktu 3-8 hari kerja.

“Intinya sankem ini tadinya 4 tahap dalam waktu yang memang agak lama berbulan-bulan melewati regulasi yang berbelit-belit. Alhamdulillah hari ini, sejak minggu lalu kami sudah bisa menyerahkan bantuan santunan kematian itu dalam waktu yang relatif 3-8 hari kerja. Jadi setiap senin kami ajukan ke BPKA, sehingga yang mengajukan Hari Senin bisa keluar Hari Rabu itu 8 hari kerja, yang mengajukan Hari Jumat bisa 3 hari kerja karena Hari Rabu nya sudah keluar.” Kata Kokoh.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Back to top button