Berita
Trending

Jelang Ramadhan, Gus Ipul Serahkan Simbolis Bansos APBD Lebih Cepat

Kamis (22/2/2024), Dinsos mengadakan acara simbolis penyerahan bantuan sosial APBD periode Bulan Januari dan Februari 2024 yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Pasuruan, Gus Ipul dan Wakil Wali Kota Pasuruan, Mas Adi di Gradhika Bhakti Praja.

“Alhamdulillah hari ini Pemerintah Kota Pasuruan dapat kembali menyalurkan bantuan sosial berupa uang yang sebetulnya bantuan ini merupakan bantuan sosial pangan, tetapi semua bantuan pangan sekarang diserahkan secara tunai kepada penerima bantuan.” Kata Kokoh Arie Hidayat, Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan.

Kokoh melaporkan acara simbolis penyerahan bantuan sosial APBD ini dihadiri oleh perwakilan penerima bantuan sosial sebanyak 300 orang, bersama PSM dan TKSK yang mendampingi, juga lurah serta camat se-Kota Pasuruan.

“Pak Wali saya laporkan bahwa hari ini kita mengundang perwakilan penerima bantuan sosial sejumlah 300 orang beserta PSM dan TKSK.” Katanya.

Kokoh menyampaikan bahwa jumlah penerima bantuan sosial APBD pada awal tahun 2024 ini sebanyak 1.957 KPM. Perlu diketahui bahwa penerima bantuan sosial ini merupakan hasil dari verifikasi dan validasi yang sebelumnya pada tahun 2022 jumlahnya 5.076 KPM, kemudian diawal tahun 2023 turun menjadi 3.084 KPM dan semakin turun hingga diawal tahun 2024 tersisa 1.957 KPM.

“Keseluruhan total penerima bantuan sosial APBD sejumlah 1.957 KPM, terdiri dari Kecamatan Bugul Kidul jumlahnya 239 KPM, Kecamatan Gadingrejo 469 KPM, kemudian dari Kecamatan Panggungrejo 754 KPM, dan dari Kecamatan Purworejo 495 KPM.” Ujarnya.

Kokoh menjelaskan penurunan jumlah penerima bantuan sosial APBD ini berdampak baik, karena anggaran APBD yang semula digunakan untuk pemberian bantuan sosial dapat dialihkan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa bantuan modal usaha bagi PEKKA, KUBE, penyandang disabilitas, juga masyarakat lainnya yang punya usaha.

“Bapak/ibu perlu diketahui bahwa dari hasil verifikasi dan validasi yang memang tidak layak menerima bantuan, uangnya bisa kita alihkan untuk pemberdayaan-pemberdayaan agar uang Pemerintah ini bisa digunakan masyarakat secara produktif.” Jelasnya.

Bantuan sosial APBD tahap 1 periode Bulan Januari dan Februari rencananya akan diserahkan pada Hari Minggu, 25 Februari 2024 dan masing-masing KPM akan menerima Rp. 400.000,-. Sehingga total keseluruhan jumlah bantuan sosial yang akan disalurkan sebanyak Rp. 782.800.000,- yang murni dari dana APBD.

“Untuk yang tahap 1 ini akan diserahkan selama 2 bulan yaitu periode Januari dan Februari sebesar Rp. 200.000,-/ bulan, sehingga nanti akan diterima Rp. 400.000,- yang akan didistribusikan pada Hari Minggu besok.” Ucapnya Kokoh.

Kokoh mengatakan bahwa Sesuai arahan dari Wali Kota Pasuruan, Gus Ipul, Dinsos telah berupaya menyalurkan bantuan sosial APBD tahap 1 secepat mungkin agar dapat digunakan untuk belanja kebutuhan menjelang Bulan Ramadhan. Berikutnya penyaluran bantuan sosial APBD tahap 2 akan dilakukan pada awal Bulan April untuk persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Sementara itu, Gus Ipul, Wali Kota Pasuruan berharap penerima bantuan sosial APBD dapat mensyukuri bantuan sosial yang telab diterima. Meski tidak banyak, semoga bantuan sosial APBD ini dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Nah untuk itu mari kita syukuri, bantuan sosial APBD memang tidak seberapa. Tetapi paling tidak ini membantu meringankan beban panjenengan. Semoga bantuan yang sedikit ini membawa barokah, sehingga bisa mendatangkan rejeki lainnya.” Ujarnya.

Gus Ipul juga menghimbau kepada penerima bantuan sosial APBD agar saling membantu dan melaporkan apabila ada masyarakat yang semestinya mendapat bantuan sosial tetapi belum pernah mendapatkan bantuan sosial.

Tidak lupa Gus Ipul meminta bantuan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan ketertiban. Selain itu masyarakat harus mendukung pembangunan di Kota Pasuruan sehingga dapat lebih menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pasuruan.

“Mari bantu kami untuk membuat Kota kita ini makin bersih dan tertib. Dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah masing-masing, mulai dari yang tidak terlihat seperti kamar mandi dan dapur hingga ke ruang tamu dan halaman.” Ajak Gus Ipul.

Sebelum mengakhiri acara yang ditutup dengan senam resik-resik dan doa bersama, Gus Ipul memberikan berita baik bahwa Kota Pasuruan berhasil memperoleh banyak prestasi di tahun 2023. Adanya peningkatan yang sebelumnya pada tahun 2022 hanya memperoleh 30 penghargaan, di tahun 2023 Kota Pasuruan menerima 68 penghargaan. Harapannya semoga di tahun 2024 ini Kota Pasuruan semakin baik, sehingga memperoleh semakin banyak prestasi yang membanggakan.

“Alhamdulillah pada tahun 2023, Kota Pasuruan memperoleh banyak prestasi. Ada 68 penghargaan dari pemerintah pusat dan provinsi. Tahun sebelumnya hanya mendapat sekitar 30 penghargaan, alhamdulillah semakin naik.” Ucapnya.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button