Berita
Trending

Kadinsos Minta Disabilitas Usulkan Kegiatan Tepat Sasaran, Tepat Kebutuhan

Kepala Dinas Sosial, Kokoh Arie Hidayat mengadakan pertemuan terkait evaluasi Rumah Hebat Disabilitas dan usulan rencana kegiatan disabilitas tahun 2024 yang dihadiri oleh perwakilan dari disabilitas daksa, disabilitas netra, dan disabilitas rungu pada Rabu (24/1/2024).

Pertama Kokoh menyampaikan bahwa pada awal tahun 2024 ini, teman-teman disabilitas diminta untuk mencatat usulan terkait rencana kegiatan pemberdayaan yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 agar kegiatannya tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan disabilitas.

“Saya tanya ke teman-teman, kebutuhan pelatihannya apa atau kebutuhan kegiatannya itu seperti apa. Dinas Sosial itu memang merencanakan, tapi dalam rangka merencanakan ini saya tanyakan ke teman-teman supaya tepat sasaran kita, tepat kebutuhannya.” Ucap Kokoh.

Selanjutnya terkait Rumah Hebat Disabilitas, Kokoh berharap di tahun 2024 harus ada peningkatan agar Rumah Hebat Disabilitas semakin baik, semakin banyak kegiatan, hingga dapat dirasakan manfaatnya oleh disabilitas. Kokoh mengatakan setiap bulan harus ada kegiatan seperti pelatihan dan diskusi bersama bagi disabilitas baik dilakukan di Rumah Hebat Disabilitas maupun di Rehat Cafe.

“Saya itu ingin setiap bulan ada kegiatan di Rehat Cafe. Nanti kegiatannya yang pertama adalah menampilkan teman-teman, sederhana saja. Kemudian ada dialog antara disabilitas dengan dinas-dinas yang nanti kita undang.” Ujar Kokoh.

Pada kesempatan ini, Kokoh juga menyampaikan rencana kunjungannya ke Sentra Terpadu “Prof. Dr. Soeharso” Surakarta untuk mengajukan proposal layanan terapi bagi disabilitas sekaligus mengajukan bantuan bagi teman-teman disabilitas yang belum mendapat bantuan berupa alat bantu maupun modal usaha.

“Saya akan ke Sentra Terpadu “Prof. Dr. Soeharso” di Solo, Pak Agus saya minta untuk mencatat kebutuhan alat bantu bagi penyandang disabilitas. Misalnya yang belum punya alat bantu dengar berapa orang dan siapa saja itu disampaikan. Juga menyangkut bantuan berupa modal usaha. Modal usaha itu saya ingin nanti untuk usaha bersama disabilitas, itu saya minta secara khusus. Disamping juga usulan tahun 2024 untuk teman-teman yang belum menerima bantuan modal usaha” Ucapnya.

Kokoh menekankan bahwa teman-teman disabilitas harus mengusulkan rencana kegiatan diawal tahun agar nantinya dapat terealisasi sesuai rencana. Jangan sampai di pertengahan tahun tiba-tiba mengusulkan kegiatan atau merubah usulan yang telah direncanakan pada awal tahun.

Dari pertemuan ini, terdapat beberapa usulan yang disampaikan oleh teman-teman disabilitas seperti usulan pelatihan tataboga dan menghias tumpeng, serta pelatihan pembiasaan kegiatan sehari-hari bagi disabilitas netra.

Selain itu Mabrur, koordinator Rumah Hebat Disabilitas menyampaikan bahwa mulai Bulan Januari akan dilakukan kegiatan rutin di Cafe Rehat. Nantinya disabilitas netra, disabilitas daksa, dan disabilitas rungu akan bergiliran mengadakan kegiatan yang diikuti oleh seluruh disabilitas.

“Rencana Bulan Januari teman-teman Pertuni, kemudian Bulan Februari teman-teman daksa karena bertepatan dengan ulang tahun masing-masing organisasi, selanjutnya Bulan Maret Gerkatin.” Katanya.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button