Berita
Trending

ASPD PLUS Tahap 1 Disalurkan, Bantu Disabilitas Berat Penuhi Kebutuhannya

Untuk pertama kalinya di tahun 2024, Dinsos Kota Pasuruan menyalurkan bantuan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Plus (ASPD PLUS) tahap 1 pada Selasa (19/3/2024) di Bank Jatim Kota Pasuruan.

Bantuan ASPD PLUS bagi penyandang disabilitas berat ini diberikan setiap 3 bulan sebesar Rp. 900.000,- dengan tujuan untuk membantu pemenuhan kebutuhan dasar dan gizi penyandang disabilitas berat.

Tahun ini, jumlah penerima bantuan ASPD PLUS di Kota Pasuruan bertambah, dari yang sebelumnya hanya diberikan kepada 27 PM, kini bertambah 4 PM. Sehingga jumlah penerima bantuan ASPD PLUS tahap 1 tahun 2024 sebanyak 31 PM. Tetapi dari 31 PM, yang berhasil menerima bantuan ASPD PLUS hanya 30 PM karena 1 PM dinyatakan meninggal dunia.

30 penerima bantuan ASPD PLUS tahap 1 tahun 2024 diantaranya dari Kecamatan Purworejo 10 PM, Kecamatan Gadingrejo 9 PM, Kecamatan Panggungrejo 7 PM, dan Kecamatan Bugul Kidul 4 PM.

Salah satu penerima bantuan ASPD PLUS asal Kelurahan Randusari adalah Mayangsari, penyandang disabilitas motorik berat (Cerebral palsy). Menurut ibunya, Mayangsari tidak bisa berjalan hingga kini usianya sudah 17 tahun.

“Saya Lasiana, Anak saya penerima bantuan ASPD PLUS namanya Mayangsari. Anak saya itu penyandang disabilitas berat, usianya sudah 17 tahun tapi tidak bisa berjalan.” Kata Lasiana.

Lasiana sangat bersyukur dengan adanya bantuan ASPD PLUS ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Mayangsari, seperti pampers dan susunya. Lasiana mengaku dulu mayangsari pernah mengikuti terapi, tetapi berhenti semenjak ayahnya meninggal dunia.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini bisa membantu untuk membeli kebutuhan anaknya, seperti membeli pampers dan susu. Dulu juga sempat melakukan terapi, tetapi sekarang sudah tidak terapi karena ayahnya sudah meninggal.” Ucapnya.

Diharap melalui bantuan ASPD PLUS ini, kebutuhan dasar dan gizi penyandang disabilitas berat dapat terpenuhi dengan baik. Sehingga penyandang disabilitas berat mendapat perhatian dan perlindungan yang sama dengan non disabilitas.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button