Berita
Trending

Disabilitas Berat Makin Diperhatikan, Penerima ASPD PLUS Dapat Tambahan

Dinsos dampingi penyaluran dana Top Up Bantuan Sosial Asistensi Penyandang Disabilitas Plus (ASPD PLUS) Tahun Anggaran 2023 yang diberikan kepada 27 penyandang disabilitas berat di Bank Jatim pada Kamis (4/1/2024).

Bantuan sosial ASPD PLUS ini merupakan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp. 300.000,-/ bulan yang disalurkan setiap 3 bulan sekali dengan tujuan untuk membantu meringankan pemenuhan kebutuhan sehari-hari penyandang disabilitas berat.

Di tahun 2023, penyaluran bantuan sosial ASPD PLUS sudah dilakukan sebanyak 4 kali. Tetapi pada akhir Bulan Desember 2023 terdapat tambahan berupa dana Top Up Bantuan Sosial ASPD PLUS sebesar Rp. 250.000,- yang disalurkan pada awal Bulan Januari 2024.

Sri Lestari, orang tua dari salah satu penerima bantuan sosial ASPD PLUS menerangkan bahwa anaknya adalah penyandang disabilitas fisik berat dan disabilitas wicara. Anaknya yang bernama Sherly (19 tahun) hanya bisa merangkak. Saat makan harus disuapi dan minum menggunakan dot bayi agar tidak tercecer.

“Nama anak saya Sherly Lestari, umurnya 19 tahun. Anaknya tidak bisa jalan dan tidak bisa bicara, jadi kalau pindah tempat hanya bisa merangkak. Kalau minum juga pakai botol bayi dan makannya harus disuapi.” Ujarnya

Sri mengatakan sejak tahun 2023, sherly mendapatkan bantuan sosial ASPD PLUS sebesar Rp. 900.000,-/ 3 bulan, dan sekarang mendapat tambahan Rp. 250.000,- yang dapat digunakan untuk membeli kebutuhan terutama untuk membeli pampers dan pemenuhan gizi sehari-harinya.

“Biasanya dapat bantuan Rp. 900.000,-, tapi sekarang dapat tambahan bantuan Rp. 250.000,- untuk membeli kebutuhan terutama pampers, karena sehari bisa ganti 2-3 kali. Terus untuk membeli roti, beras, dan gula karena minumnya air gula.” Imbuhnya.

Melalui bantuan sosial ASPD PLUS ini, Dinsos berharap para penyandang disabilitas berat Kota Pasuruan dapat merasakan perhatian dan kehidupan yang lebih layak, sehingga dapat mewujudkan salah satu cita-cita Kota Pasuruan menjadi kota yang inklusi.

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button