Berita
Trending

Semarak HDI 2023, Gus Ipul Ingin Kota Pasuruan Jadi Kota Inklusi

Dinsos memeriahkan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 dengan mengusung tema Berdaya, Mandiri, dan Setara Berkolaborasi yang digelar selama 2 hari, pada tanggal 19 Desember 2023 di Taman Kota Pasuruan dan 20 Desember 2023 di Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan.

“Tema HDI pada hari ini adalah Berdaya, Mandiri, dan Setara Berkontribusi dalam pembangunan di Kota Pasuruan.” Ujar Kokoh Arie Hidayat, Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan.

Teman-teman disabilitas menunjukkan antusiasme mereka dalam peringatan HDI 2023, terbukti dengan keikutsertaannya dalam berbagai lomba yang diadakan seperti lomba mewarnai tingkat SD, SMP, SMA yang diikuti oleh 244 disabilitas, lomba kreatifitas seperti menyanyi, menari, fashion show, hingga musikalisasi puisi yang diikuti oleh 50 disabilitas, serta membatik massal bersama 100 disabilitas yang hasilnya akan dibuat sebagai seragam batik Dinas Sosial.

“Hari pertama peringatan HDI kita mengadakan lomba kreatifitas yang diikuti oleh 50 penyandang disabilitas, kemudian lomba mewarnai untuk anak-anak disabilitas dari TK, SD, SMP, hingga SMA jumlahnya 244 peserta, dan kemudian membatik ciprat bersama yang hasilnya bisa dilihat di kanan kiri panggung.” Kata Kokoh.

Peringatan HDI pada Sabtu, 19 Desember 2023 secara langsung dibuka oleh Ketua TP. PKK Kota Pasuruan, Fatma Saifullah Yusuf yang mengaku turut bahagia melihat teman-teman disabilitas bisa berkumpul, bersama-sama memperingati Hari Disabilitas Internasional dengan aktifitas yang bermanfaat.

Selanjutnya pada Minggu, 20 Desember 2023 dengan mengucap “bismillahirrahmanirrahim”, Wali Kota Pasuruan, Gus Ipul memulai kegiatan jalan sehat dan pawai mobil hias sebagai puncak peringatan HDI 2023 yang diikuti oleh ribuan peserta baik disabilitas maupun non disabilitas.

Kokoh menyampaikan kegiatan ini dilakukan sesuai dengan arahan Bapak Walikota Pasuruan yang mengharapkan Kota Pasuruan menjadi kota yang inklusi. Sehingga disabilitas mampu hidup berdampingan dan mempunyai hak yang setara dengan non disabilitas.

Pada kesempatan ini, Gus Ipul menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Pasuruan bekerja keras untuk mewujudkan misi ketiga yaitu harmoni warganya, dengan terus berupaya untuk memberikan layanan yang sama kepada seluruh warga Kota Pasuruan termasuk layanan bagi disabilitas.

“Tidak membeda-bedakan, tidak diskriminatif, tetapi memberikan layanan yang semestinya, yang sama, termasuk kepada disabilitas.” Ujar Gus Ipul.

Selain itu Gus Ipul juga akan memberikan akses agar teman-teman disabilitas bisa berkarya, sehingga bisa meningkatkan kemandirian dan produktifitas dengan daya dukung yang mencukupi.

Puncak peringatan HDI 2023 berlangsung meriah dengan berbagai penampilan disabilitas, seperti pertunjukan musik band, pertunjukan angklung, serta tari-tarian. Kemudian dipertengahan acara terdapat penyerahan hadiah bagi pemenang lomba mewarnai dan kreatifitas disabilitas, serta ditutup dengan undian doorprize jalan sehat untuk 48 peserta yang beruntung

Admin

DINAS SOSIAL KOTA PASURUAN JL. BALAI KOTA NO. 10, KEL. KANDANGSAPI, KEC. PANGGUNGREJO KOTA PASURUAN TELP/FAX (0343 - 423628 )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button